Komputasi Modern di Bidang Pemerintahan

Mata Kuliah : Pengantar Komputasi Modern
Kelas : 4IA15
Anggota Kelompok :

  1. Rendy Anggara (55411960)
  2. Mirza Fahmi Anshari (54411502)
  3. Rachman Aji (58411572)
  4. Riza Maulana Ridwan (56411297)
  5. Adrel M Jatnika (50411260)
  6. Indra Septiawan P (53411608)

Implementasi Cloud Computing di Bidang Pemerintahan

Saat ini, komputasi modern memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Hampir setiap bidang dalam kehidupan ini tidak dapat lepas dari pengaruh perkembangan komputasi modern yang terus berkembang, termasuk bidang pemerintahan. Jika kita ingat-ingat pada zaman sekolah dulu, kita sering sekali mendengar cerita sejarah mengenai perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan dan memerdekakan Negara kita tercinta, Indonesia. Masih ingatkah kita, saat guru kita menceritakan bahwa pada zaman dulu para pejuang melakukan berbagai perundingan dengan bertatap muka, menyampaikan ide dan aspirasi dengan melakukan pertemuan secara langsung, menyebarluaskan informasi dan berita melalui saluran radio, dan berperang melawan penjajah hanya dengan menggunakan bambu runcing?

Tapi lihatlah sekarang, dunia sudah semakin maju, pertemuan dapat dilakukan secara virtual salah satunya menggunakan video conference, informasi pun dapat disebar luaskan dengan cepat menggunakan mobile device dan jaringan internet hanya dalam waktu yang sangat cepat, dan setiap warga negara dapat menyampaikan aspirasinya melalui internet tanpa harus bertatap muka dengan para wakil rakyat.

Dan bila kita perhatikan, saat ini Hampir setiap perkantoran maupun instansi pemerintah telah menggunakan komputer. Penggunaannya mulai dari sekedar untuk mengolah data administrasi tata usaha, pelayanan masyarakat (public services), pengolahan dan dokumentasi data penduduk, perencanaan, statistika, pengambilan keputusan, dan lain-lain.
E-Government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti:

  • G2C (Government to Citizen),
  • G2B (Government to Business), dan
  • G2G (Government to Government).

Cloud Computing dalam pemerintahan (E-Goverment) dapat mendongkrak kinerja khususnya dalam bidang pemerintahan. E-Goverment dapat membantu para staff di bidang pemerintahan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik ke masyarakat. Pemerintah dalam negara Indonesia telah menggunakan cloud computing. Contoh pertama yaitu sebagai penyediaan sumber informasi. Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah menyediakan layanan Cloud Computing sebagai layanan jasa alih daya pengelolaan TIK untuk instansi pemerintah.  Layanan ini bertujuan untuk dapat mewujudkan percepatan e-government, karena memungkinkan pengguna pemerintah berkonsentrasi dalam memberikan layanan dan tidak dipusingkan dengan konfigurasi maupun pemeliharan perangkat teknologi informasi.

Selain itu instansi pemerintah seperti Badan Pengawas Tenaga Nuklir dan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) juga sudah menggunakan teknologi ini. Dengan demikian, berdasarkan kalkulasi Balai Ipteknet penggunaan layanan jasa komputasi awan dapat menghemat biaya hampir 50% dibanding dengan menyiapkan infrastruktur dan SDM sendiri yang mencapai ratusan juta rupiah.

Keamanan sistem menjadi prioritas utama layanan Cloud Computing yang dilengkapi firewall, VPN dan Security Operating Centre (SOC) yang merupakan software canggih untuk melakukan pemantauan dan penyaringan deteksi dini terhadap seluruh paket yang melewati jaringan. Sehingga ketika terjadi gangguan dan serangan bisa dilakukan tindak lanjut dan pembenahan.

Teknologi Cloud Computing dapat memudahkan untuk sharing informasi dan pertukaran dokumen. Keuntungan lain, UKM dan Koperasi dapat menurunkan biaya investasi dan operasional IT, keragamannya pun sudah ada serta transparansi dan peningkatkan bisnis koperasi maupun UKM dengan kemudahan teknologi yang ada. Kunci dari infrastruktur untuk cloud computing adalah media penyimpanan dan metode komputasi untuk data yang berskala besar.
Keuntungan dengan menggunakan cloud computing adalah sebagai berikut :

  1. Mengurangi resiko pada insfrastructure
  2. Dana yang rendah
  3. Peningkatan kecepatan inovasi
  4. Mengurangi waktu running aplikasi dan waktu respon
  5. Biaya yang relatif terjangkau
  6. Layanan publik yang lebih baik dengan cara penyediaan informasi yang lebih cepat kepada masyarakat.
  7. Mendapatkan informasi lebih terkait dengan masyarakat umumnya. Hal ini diperoleh lewat analisis mendalam terhadap database yang ada.

Ini merupakan Diagram konseptual cloud computing yang meliputi software, hardware dan brainware :

Selain hal-hal diatas, berikut ini adalah manfaat komputasi modern dalam bidang pemerintahan.

  • Dapat digunakan sebagai media internet untuk menerima aspirasi masyarakat dengan efektif dan efisien melalui situs website yang khusus untuk menyalurkan aspirasi masyarakat.
  • Masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya secara mudah tanpa demonstrasi atau kekerasan.
  • Program-program pemerintah dapat tersampaikan secara efektif danefisien berkat website yang dikelola pemerintah.
  • Melalui media Internet dapat dimanfaatkan untuk mengundang turis, baik turis domestik maupun turis mancanegara.
  • Mengundang para investor baik dalam negeri maupun luar negeri dengan website yang dikelola pemerintah

sumber :

http://fikriaulia03.blogspot.com/2013/07/implementasi-cloud-computing-di-bidang.html

Iklan
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: