RANGKUMAN RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PETUALANGAN SI BADOL(Pengantar Teknologi Game)

Image

Pada kesempatan kali ini saya akan merangkum sebuah juarna mengenai game berkaitan dengan tugas softskill yang saya dapat. saya akan merangkum sebuah juranal berjudul:

RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PETUALANGAN SI BADOL

karya:
Zulfikar Ghazali
Program Studi Teknik Informatika
Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura

berikut rangkumamnnya,

Pendidikan merupakan suatu alat untuk dapat membimbing seseorang menjadi orang yang baik terutama pendidikan agama. Pendidikan agama Islam khususnya mengenai pengetahuan dasar Islam sudah diperkenalkan pada saat siswa dan siswi menduduki kelas I hingga kelas VI tingkat sekolah dasar (SD).

Pendidikan agama adalah pendidikan yang materi bimbingan dan arahannya adalah ajaran agama, yang ditujukan agar manusia mempercayai dengan sepenuh hati akan adanya Tuhan, patuh dan tunduk melaksanakan perintah-Nya dalam bentuk beribadah, dan berakhlak mulia.

Tetapi pada era globalisasi saat ini masih banyak kita jumpai kenakalan-kenakalan remaja maupun anak-anak yang jauh dari akhlak mulia seperti tidak patuh kepada orang tua dan guru, sering berkelahi, mencuri dan sebagainya. Faktor yang menyebabkan anak-anak berkepribadian buruk salah satunya adalah kurang tertanamnya jiwa agama pada tiap-tiap orang dalam masyarakat.

Dalam upaya meningkatkan efisiensi penyediaan aplikasi yang mengandung unsur pendidikan diperlukan berbagai alternatif dan inovasi baru dalam hal pemrograman untuk bisa diterapkan sebagai alat untuk mempermudah proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran bisa berupa game, karena game (permainan) adalah bagian mutlak dari kehidupan anak dan permainan merupakan bagian integral dari proses pembentukan kepribadian anak.

Aplikasi game edukasi yang dibuat diberi nama petualangan si Badol. Game edukasi petualangan si Badol merupakan sebuah game komputer untuk sistem operasi Windows dengan sistem education (learning by doing/belajar sambil bermain) yang dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat dan anak-anak sebagai media alternatif dalam memberikan pembelajaran tentang ilmu agama khususnya agama Islam. Game ini memiliki spesifikasi dan fitur-fitur sebagai berikut:

  1.  Game yang dibuat berjenis game casual adventure berbentuk 2 dimensi
  2. Game dapat dijalankan pada computer atau laptop yang memiliki sistem operasi Windows
  3. Terdapat materi pelajaran tentang agama Islam yang meliputi pelajaran aqidah, Fikih, dan Akhlak
  4. Game bersifat single player

User ditugaskan untuk menghadapi atau menghindar dari musuh-musuh yang berusaha menghalangi perjalanan Si Badol untuk mencari guru (ustadz). Rule dalam game ini yaitu :

  1. Pemain dapat membunuh musuh yang berjenis binatang dengan cara meninjak kepalanya atau dengan cara melempar tombak yang didapatkan dari permainan sedangkan untuk binatang berjenis besar harus menggunakan tombak untuk membunuhnya.
  2. Pemain tidak dapat membunuh musuh berjenis hantu dengan cara meninjak kepalanya atau dengan cara melempar tombak, tetapi dengan cara membaca amalan doa.
  3. Jika musuh mengenai Si Badol maka nyawa Si Badol akan berkurang 1
  4. Setiap musuh yang dibunuh akan mendapatkan penambahan score.
  5. Kumpulkan buah-buah sebanyak mungkin untuk menambah nyawa Si Badol dengan perhitungan setiap 100 buah yang terkumpul maka akan menambah 1 nyawa Si Badol.
  6. Jika nyawa Si Badol sama dengan 0 maka permainan dinyatakan kalah dan pemain harus memulai dari stage awal kembali.
  7. Permainan dinyatakan menang jika berhasil menyelesaikan setiap stage dalam permainan

kesimpulan dari aplikasi game edukasi Petualangan Si Badol, dapat disimpulkan bahwa :

  1.  Aplikasi game edukasi Petualangan Si Badol merupakan game edukasi tentang agama Islam.
  2. Hasil perancangan dan pengujian menunjukan bahwa aplikasi ini dapat digunakan dan berjalan dengan lancar.
  3. Secara umum responden menyukai aplikasi game ini baik dari segi tampilan, storyline, gameplay, dan materi agama Islam yang ada pada game edukasi Petualangan Si Badol.
  4. Berdasarkan hasil kuisioner, dapat disimpulkan bahwa metode DGBL-ID dapat digunakan dalam perancangan game edukasi Islami.
  5. Berdasarkan hasil kuesioner dan diukur dengan skala Likert’s Summated Rating (LSR) nilai yang didapat adalah 1561 dari nilai maksimum 1950, dapat disimpulkan bahwa aplikasi game edukasi Petualangan Si Badol

sekian rangkuman tentang jurnal mengenai “RANGKUMAN RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PETUALANGAN SI BADOL”

untuk melihal lebih lengkap silahkan kunjungi link berikut:

http://jurnal.untan.ac.id/…/justin/article/view/4631/4708

terima kasih.

 

Iklan
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: